Tolong Di Klik

Saturday, March 08, 2014

Tips membersihkan Hardisk dari File sampah

Selamat malam sobat CTS, malam ini saya akan membagikan sedikit Tips sederhana tentang bagaimana membersihkan Hardisk kita dari File sampah.
File sampah disini maksudnya adalah file-file yang tidak penting sama sekali, atau tidak kita butuhkan jadi sebaiknya kita delete saja agar tidak terlalu memakan ruang pada Hardisk kita.

1. Baiklah kita mulai saja dengan menekan tombol (Windows+R) pada keyboard anda, maka anda akan melihat jendela "Run" terbuka. Nah ketikkan "temp" (tanpa tanda kutip) kemudian tekan (Enter) di keyboard anda atau bisa juga klik "OK".
Setelah jendela temp muncul tekan tombol (Ctrl+A) pada keyboard anda untuk memilih semua file yang ada dalam folder temp tersebut. Kemudian setelah semua file terpilih tekan (Shift+Delete) di keyboard anda, maka semua file tersebut akan dihapus secara permanen.




2. Masih dengan cara yang sama, munculkan kembali jendela "Run" tapi kali ini ketikkan "%temp%" (tanpa tanda kutip. Kemudian setelah muncul jendela %temp% pilih semua file kemudian delete semua file seperti dengan cara yang sudah di jelaskan sebelumnya diatas.
3. Masih dengan cara yang sama lagi (Heheheee), munculkan kembali jendela "run" kali ini ketikkan "recent" tanpa tanda kutip, kemudian delete semua file yang ada, caranya tetap sama dengan apa yang sudah dijelaskan diatas :D
Nah selesai, sekarang Windows sobat sobat CTS atau hardisk anda sudah dibersihkan dari file-file sampah :D
Mudah bukan? Heheee...

Mungkin pada saat proses penghapusan ada beberapa file yang tidak bisa terhapus, abaikan saja, itu mungkin adalah file bawaan antivirus anda yang dianggap penting oleh windows anda sehingga anda tidak dapat menghapusnya :D


> Mungkin ada sebagian yang bertanya-tanya kenapa file sampah ini bisa ada ?
Jawab : File sampah ini bisa ada karena setiap kali kita membuka sebuah file atau berselancar di Internet, maka otomatis System Windows akan membuatkan shortcut tersembunyi termasuk membuat File sementara, dimana file tersebut berguna untuk mempercepat file tersebut ketika kita ingin membukanya kedua kali.

> Kalau file tersebut berguna untuk mempercepat proses membuka file, kenapa harus di delete?
Jawab : Karena setiap kita berselancar di internet situs-situs yang kita buka selalu mengalami pembaruan, sehingga kita tidak membutuhkan file lama tersebut karna situs tersebut akan membuat shortcut baru lagi.

> Kapan saya harus melakukan penghapusan file sampah ?
Jawab : Jika anda menggunakan Laptop atau PC anda setiap hari, ada baiknya anda melakukan trik ini sekali sebulan, agar file sampah yang ada tidak terlalu banyak dan tidak memakan ruang di Hardisk anda.

Kalau masih ada yang kurang jelas Coba Tanya Saya :D
Saya akan dengan senang hati Menjawabnya :D

No comments:

Post a Comment