Tolong Di Klik

Saturday, March 08, 2014

5 Cara Mengetahui Kesehatan Melalui Tinja

Tinja merupakan kotoran manusia yang dianggap sangat menjijikan. Namun, lewat tinja seseorang akan mengetahui kondisi kesehatan tubuhnya sendiri.
Pada dasarnya, apa yang dimakan oleh seseorang akan terlihat dari tinja yang ia keluarkan. oleh karena itu, tinja di percaya dapat membantu kamu untuk mengetahui kondisi kesehatan kamu sekarang ini.
Meskipun terlihat menjijikan, tapi apa salahnya jika kamu melihat tinja kamu hanya untuk memastikan kesehatan kamu. Jika ada cara yang lebih mudah, praktis, dan murah. Kenapa harus memilih cara sulit, dan mahal, contohnya periksa ke dokter.
Nah, untuk itu kami akan berbagi sedikit informasi mengenai bagaimana cara untuk mengetahui kondisi kesehatan melalu tinja.
Sepeerti dilansir Forum.tribunnews.com, inilah dia ke lima cara untuk mengetahui kondisi kesehatan melalui tinja.




1. Bau

Seperti kita ketahui bahwa tinja memang memiliki bau yang tidak sedap, namun kamu bisa mengenali jika ada perubahan pada bau tinja, seperti baunya terlalu menyengat, atau terlalu tidak sedap.

Bau pada tinja tersebut, disebabkan oleh bakteri dan parasit, tetapi bisa juga dari senyawa-senyawa tertentu. Biasanya tinja akan berbau sangat tidak sedap jika seseorang jarang buang air besar, obat-obat tertentu, atau karena adanya infeksi.

2. Bentuk
Dari bentuk tinja kamu dapat mengetahui penyakit kanker usus besar. Cirinya yaitu tinja yang dikeluarkan berbentuk kecil dan memanjang seperti pensil. Hal ini disebabkan karena terjadinya kerusakan pada saluran pencernaan yang menyebabkan sebagian usus terhalang sehingga tinja keluar tidak lancar.

3. Warna
Warna tinja pada umumnya adalah coklat, tapi jika tinja berwarna hitam atau kuning maka itu menunjukan bahwa ada masalah dalam pencernaan kamu.
Warna tinja yang hitam dapat disebabkan oleh makanan yang kamu makan, tapi juga bisa disebabkan oleh adanya pendarahan di lambung atau ujung usus halus.
Sedangkan tinja yang berwarna kuning, juga merupakan tanda terjadinya masalah dalm pencernaan kamu.

4. Diare
Penyakit diare ini diketahui dapat menyebabkan seseorang dehidrasi, tapi selain itu diare yang tak kunjung sembuh menandakan adanya penyakit serius, seperti perut sensitif, dan penyakit chron’s.

5. Sembelit
Sembelit memang sering menyerang banyak orang, sembelit ini dapat disebabkan oleh cara makan yang tidak sehat, obat-obatan, dan juga bisa karena kurangnya cairan dalam tubuh. Namun, jika dibiarkan sembelit juga akan semakin parah dan bisa memicu komplikasi lain seperti pendarahan anus.

Nah, itulah dia ke lima cara untuk mengetahui kondisi kesehatan kamu melalui tinja yang kamu keluarkan.

sumber : http://unikdunia.com/2014/03/5-cara-mengetahui-kondisi-kesehatan-dari-tinja.html

No comments:

Post a Comment